Rabu, 05 Februari 2014

laporan magang


LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK DARUL AMANAH






Disusun Oleh :
NAMA  : YOGA PRATAMA
KELAS      : 5 TKJ II
PROGRAM KEAHLIAN    :
 TEKNIK KOMPUTER DAN  JARINGAN




SMK DARUL AMANAH
TAHUN AJARAN 2012/2013









LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah disetujui dan disahkan:









PIMPINAN LPK MOIZZ@COMP              KEPALA     SEEKOLAH
            

        MIZAN SYA’RONI, SE                                                 USTD.ISTANTO S.Pd














MOTTO



من يزرع يحصد
Barang siapa menanam pasti akan memetik (mengetam)
جرّب ولاحظ تكن عارفا
Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu
العلم في الصغر كالنقش على الحجر
Belajar diwaktu kecil itu, bagaikan mengukir di atas batu
تعلمن صغيرا واعمل به كبيرا
Belajarlah di waktu kecil dan amalkanlah di waktu besar
مودّة الصديق تظهر وقت الضيق
Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan
اطلب العلم من المهد إلى اللحد
Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur
من يزرع يحصد
Barang siapa menanam pasti akan memetik (mengetam)













PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis mempersembahkan kepada :

Ø  Kedua orang tua yang sangat penulis cintai
Ø  K.H Mas’ud Abdul Qadir
Ø  Kepala sekolah SMK Darul Amanah
Ø  Ustad Dedik & Ustad Rubi
Ø  Bpk. Mizan Sya’roni, SE. Selaku pimpinan LPK MIZZ@COMP
Ø  Teman-teman seperjuangan
Ø  Serta semua orang yang membaca laporan ini






















Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunianya, sehingga kami dapat melaksakan dan menyelsaikan praktik kerja industri yang bertempat di VILANI-NET, selama 2 bulan berturut-turut dengan baik dan sekaligus dapat menyusun laporan ini sesuai dengan kewajiban pelaksanaan praktik kerja industri di instansi pendidikan ini.
          Kami selaku siswa di SMK SANDIKTA sangat setuju dengan diadakannya praktik kerja industri (PRAKERIN) ini. Karena dengan adanya kegiatan ini, Kami dapat menambah ilmu, wawasan dan sekaligus pengalaman yang sangat berharga, dan berkat diadakannya kegiatan ini, Kami tidak canggung lagi dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Laporan yang Kami buat ini merupakan bukti tertulis bahwa Kami telah melaksakan PRAKERIN ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan dukungan atau motivasinya kepada kami dalam melaksanakan PRAKERIN ini.
          Dengan terselesaikannya laporan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.     Bapak Drs. ArwanM.MPd selaku kepala sekolah SMK SANDIKTA.
2.     Bapak. Seta Basri,S.Ip.,M.Si, selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri
3.     Bapak. Agus Pudjiarto,S.T dan Heri priyatna.S.Tselaku guru pembimbing
4.     Bapak Ari Nurul fajri,S.Kom, selaku pimpinan industri.
5.     KakakWahyu Wibowo, selaku pembimbing industri lapangan.
6.     Bapak Gita Busisa Basri,S.T, selaku kepala program keahlian teknik komputer jaringan.
7.     Dan seluruh karyawan diVILANI-NETAtas semua partisipasinya dan kerjasamanya selama ini.
Dalam menyusun laporan ini, saya telah berusaha semaksimal dan sebaik mungkin, tetapi saya menyadari bahwa laporan saya ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Karena saya juga masih dalam tahap pembelajaran, untuk itu, kritik dan saran sangat saya butuhkan , untuk melakukan perbaikan
Saya berharap laporan PRAKERIN ini akan memberi manfaat bagi pembaca,dan adik kelas saya yang nantinya akan menjalani praktik kerja industri (PRAKERIN).

BEKASI,  MEI 2012.
PENYUSUN


Suryadi dan kawan kawan








KATA PENGANTAR
Motto
DAFTAR ISI
Daftar Gambar

BAB I           PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
1.2         Tujuan dan manfaat
1.2.1    Tujuan
1.2.2    Manfaat
1.3         Lokasi, Waktu dan tempat kerja praktek

BAB II          Gambaran Umum
                   2.1     Sejarah Organisasi/Perusahaan
                   2.2     Struktur Organisasi dan Bidang usaha

BAB III         Aktifitas Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
                   3.1     Uraian Kegiatan
                   3.2     Hasil Pengamatan
                   3.3     Pemecahan Masalah

BAB IV         PENUTUP
                   4.1     Kesimpulan
                   4.2     Saran

DAFTAR PUSTAKA








BAB Ι
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
          Perlu disadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan pendidikan dan pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan  bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/ indistri.
          Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktik. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi
ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktik, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat beragam-agam dengan teori saja idak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
          SMK yang peralatan praktik cukup memadai, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di industri/usaha. Sekarang peralatan di dunia usaha/industri sudah serba otomatis sedangkan peralatan yang ada di SMK-SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktik hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan kebutuhan di dunia industri/ usaha, itu pun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal.
            Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat pendidikan menengah kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagai mana yang di harapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat bekerja yang baik.
Penggunaaan unsure ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat dipelajari di sekolah,namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi.
          Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
          Mata diklat praktik kejujuran yang di sajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menajikan proses dan situasi peniruan, karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit diharapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
      

B.   MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Maksud Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Adapun maksud dilaksanakanya praktek kerja industri (prakerin) Adalah:
a.       Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
b.      Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c.       Memperluas dan memantapkan proses pemantapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
d.      Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil dalam kebijakan dimasa yang akan datang.
e.       Memantapkan sikap professional yang diperlukan siswa dalam memasuki dunia kerja sesuai dengan bidangnya.


2.      Tujuan
A. Pelaksanaan kegiatan prakerin :
1). Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2). Memperkokoh kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja.
3). Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
4). Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5). Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.
6). Menambah pengalaman dan pengetahuan siswa dalam melaksanakan prakerin.

Tujuan Penyusunan Laporan Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah:
1).  Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti   Praktek Kerja   Industri.
2). Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3). Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4). Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5). Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DU/DI (Dunia Industri).
6). Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia Usaha/Industri.

C.TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN
1. Adapun penempatan ataupun lokasi praktek kerja industri ataupun prakerin yabg   terdapat di berbagai tok dan perusahaan/instansi di kawasan Ponorogo salah satunya NASHTEK COMPUTER AND ADVERTISING  yang beralamatkan di Ds. Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo.

2. Waktu pelaksanaan praktek kerja industry atau prakerin untuk SMK AL-INABAH adalah 3 bulan yaitu mulai tanggal 12 September sampai dengan tanggal 12 Desember 2011.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate