PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK
DARUL AMANAH
Disusun
Oleh :
NAMA
: YOGA PRATAMA
KELAS : 5 TKJ II
PROGRAM
KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK
DARUL AMANAH
TAHUN
AJARAN 2012/2013
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah
disetujui dan disahkan:
PIMPINAN LPK MOIZZ@COMP KEPALA SEEKOLAH
MIZAN SYA’RONI, SE USTD.ISTANTO
S.Pd
MOTTO
من يزرع يحصد
Barang siapa menanam pasti akan memetik
(mengetam)
جرّب ولاحظ تكن عارفا
Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi
orang yang tahu
العلم في الصغر كالنقش على الحجر
Belajar diwaktu kecil itu, bagaikan mengukir
di atas batu
تعلمن صغيرا واعمل به كبيرا
Belajarlah di waktu kecil dan amalkanlah di
waktu besar
مودّة الصديق تظهر وقت الضيق
Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak
pada waktu kesempitan
اطلب العلم من المهد إلى اللحد
Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur
من يزرع يحصد
Barang siapa menanam pasti akan memetik (mengetam)
PERSEMBAHAN
Laporan ini penulis mempersembahkan
kepada :
Ø Kedua
orang tua yang sangat penulis cintai
Ø K.H
Mas’ud Abdul Qadir
Ø Kepala
sekolah SMK Darul Amanah
Ø Ustad
Dedik & Ustad Rubi
Ø Bpk.
Mizan Sya’roni, SE. Selaku pimpinan LPK MIZZ@COMP
Ø Teman-teman
seperjuangan
Ø Serta
semua orang yang membaca laporan ini
Kata
pengantar
Puji syukur kehadirat Allah
SWT atas segala limpahan rahmat dan karunianya, sehingga kami dapat melaksakan
dan menyelsaikan praktik kerja industri yang bertempat di VILANI-NET, selama 2 bulan berturut-turut
dengan baik dan sekaligus dapat menyusun laporan ini sesuai dengan kewajiban
pelaksanaan praktik kerja industri di instansi pendidikan ini.
Kami selaku
siswa di SMK SANDIKTA sangat setuju dengan diadakannya praktik kerja industri
(PRAKERIN) ini. Karena dengan adanya kegiatan ini, Kami dapat menambah ilmu,
wawasan dan sekaligus pengalaman yang sangat berharga, dan berkat diadakannya
kegiatan ini, Kami tidak canggung lagi dalam menghadapi dunia kerja yang
sesungguhnya. Laporan yang Kami buat ini merupakan bukti tertulis bahwa Kami
telah melaksakan PRAKERIN ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan
dukungan atau motivasinya kepada kami dalam melaksanakan PRAKERIN ini.
Dengan
terselesaikannya laporan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Drs. Arwan, M.MPd selaku
kepala sekolah SMK SANDIKTA.
2. Bapak. Seta Basri,S.Ip.,M.Si, selaku Wakil Kepala
Sekolah Bidang Hubungan Industri
3. Bapak. Agus Pudjiarto,S.T dan Heri priyatna.S.Tselaku guru pembimbing
4. Bapak Ari Nurul fajri,S.Kom, selaku pimpinan industri.
5. KakakWahyu Wibowo, selaku pembimbing industri lapangan.
6. Bapak Gita Busisa Basri,S.T, selaku kepala program keahlian
teknik komputer jaringan.
7. Dan
seluruh karyawan diVILANI-NET. Atas semua
partisipasinya dan kerjasamanya selama ini.
Dalam menyusun laporan ini, saya telah berusaha semaksimal dan
sebaik mungkin, tetapi saya menyadari bahwa laporan saya ini masih sangat jauh
dari kesempurnaan. Karena saya juga masih dalam tahap pembelajaran, untuk itu,
kritik dan saran sangat saya butuhkan , untuk melakukan perbaikan
Saya berharap laporan PRAKERIN ini akan memberi manfaat bagi
pembaca,dan adik kelas saya yang nantinya akan menjalani praktik kerja industri
(PRAKERIN).
BEKASI,
MEI 2012.
PENYUSUN
Suryadi
dan kawan kawan
KATA PENGANTAR
Motto
DAFTAR
ISI
Daftar
Gambar
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2
Tujuan dan manfaat
1.2.1
Tujuan
1.2.2
Manfaat
1.3
Lokasi, Waktu dan tempat kerja praktek
BAB
II Gambaran Umum
2.1 Sejarah Organisasi/Perusahaan
2.2 Struktur Organisasi dan Bidang usaha
BAB
III Aktifitas Pelaksanaan Praktek
Kerja Industri
3.1 Uraian Kegiatan
3.2 Hasil Pengamatan
3.3 Pemecahan Masalah
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR
PUSTAKA
BAB Ι
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Perlu disadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat
diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata
terbukti hampir setiap dunia usaha/industri ketika merekrut tenaga kerja
lulusan SMK masih menerapkan pendidikan dan pelatihan bagi yang telah lolos
seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK
belum diakui oleh pihak dunia usaha/ indistri.
Jika
kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia
usaha/industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim
peralatan praktik. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi
ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali
peralatan praktik, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat beragam-agam
dengan teori saja idak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
SMK yang peralatan praktik cukup memadai,
belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di industri/usaha. Sekarang
peralatan di dunia usaha/industri sudah serba otomatis sedangkan peralatan yang
ada di SMK-SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktik hanya sekedar
mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan kebutuhan di dunia industri/
usaha, itu pun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat pendidikan
menengah kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat
menghasilkan tamatan sebagai mana yang di harapkan. Hal tersebut dapat dilihat
dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja
yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata
diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus
dilengkapi dengan penguasaan kiat bekerja yang baik.
Penggunaaan unsure ilmu pengetahuan dan teknik
bekerja dapat dipelajari di sekolah,namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak
dapat diajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional
seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang
profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional
berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
Mata
diklat praktik kejujuran yang di sajikan di sekolah biarpun menggunakan
peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menajikan proses
dan situasi peniruan, karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu
sulit diharapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
B. MAKSUD
DAN TUJUAN
1. Maksud
Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Adapun maksud dilaksanakanya praktek kerja industri
(prakerin) Adalah:
a.
Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
b.
Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang
didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c.
Memperluas dan memantapkan proses pemantapan teknologi baru dari
lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
d.
Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan
pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil dalam kebijakan dimasa
yang akan datang.
e.
Memantapkan sikap professional yang diperlukan siswa dalam memasuki
dunia kerja sesuai dengan bidangnya.
2. Tujuan
A. Pelaksanaan kegiatan prakerin :
1). Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan
dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2). Memperkokoh kerja sama antara sekolah dengan
dunia kerja.
3). Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan
pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
4). Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5). Siswa mampu memahami, memantapkan dan
mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan diterapkan pada Dunia
Usaha.
6). Menambah pengalaman dan pengetahuan siswa dalam
melaksanakan prakerin.
Tujuan Penyusunan Laporan Setelah melaksanakan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah:
1). Untuk
mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti
Praktek Kerja Industri.
2). Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang
diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3). Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan
sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4). Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah
laporan kegiatan.
5). Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan
praktek yang di lakukan di DU/DI (Dunia Industri).
6). Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk
mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia Usaha/Industri.
C.TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN
1. Adapun penempatan ataupun lokasi praktek kerja
industri ataupun prakerin yabg terdapat
di berbagai tok dan perusahaan/instansi di kawasan Ponorogo salah satunya
NASHTEK COMPUTER AND ADVERTISING yang
beralamatkan di Ds. Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo.
2. Waktu pelaksanaan praktek kerja industry atau
prakerin untuk SMK AL-INABAH adalah 3 bulan yaitu mulai tanggal 12 September
sampai dengan tanggal 12 Desember 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar